3 Hal yang Menentukan Kualitas Kain (Selain dari Jenisnya)

Saat kita mencari vendor untuk membuat kaos, kita menemukan beberapa tawaran yang berbeda-beda. Padahal kita menanyakan harga dengan spesifikasi bahan yang sama. Lalu apa yang membuat perbedaan harga yang tergadang cukup jauh antara vendor satu dengan vendor yang lainnya.

Di konten kali ini kita akan membahas salah satu faktor yang mempengaruhi harga pembuatan kaos yaitu kualitas kain.

Dalam konten kali ini kita ambil contoh kasus yaitu kain cotton combed 30s. Banyak yang beranggapan bahwa kain cotton combed 30s di semua supplier memiliki kualitas yang sama. Faktanya, masing-masing pabrik memiliki spesifikasi produksi yang berbeda-beda. Ada yang mengutamakan harga yang terjangkau, dan ada yang mengutamakan kualitas bahan.

Mengenai kualitas bahan, dari segi apa saja kita mengukur kualitas bahan, terutama dalam kasus ini, cotton combed 30s.

  1. Gramasi
    • Gramasi adalah satuan berat tiap meter persegi dari kain. Sederhananya gramasi melambangkan ukuran benang yang digunakan untuk membuat kain. Semakin tinggi gramasinya semakin tebal juga kainnya. Gramasi yang kami sarankan untuk cotton combed 30s adalah gramasi sekitar 150 gsm.
  2. Handfeel
    • Handfeel ini tidak diukur secara angka, ini adalah seberapa halus kain saat dipegang. Tidak semua cotton combed memiliki handfeel yang sama, beberapa bisa sangat halus, dan sebagian lain cukup kasar. Meskipun semua cotton combed menyerap keringat karena berasal dari 100% katun. Tapi belum tentu semua cotton combed nyaman dipakai.
  3. Kepekatan warna:
    • Terkhusus untuk warna hitam, dimana warna hitam adalah warna yang paling sering digunakan untuk kaos, kepekatan warna sangat berpengaruh pada kualitas kaos nantinya. Jika warna tidak pekat maka kaos akan terlihat usang. Ada juga kasus kain yang awalnya hitam pekat tetapi setelah dicuci akan mudah pudar.

Okay, jadi sekarang kita sudah lebih memahami, meskipun sama sama cotton combed 30s, belum tentu kualitasnya sama. Untuk memastikan jenis kain apa yang dipakai di sebuah vendor, Anda bisa meminta sample pekerjaan mereka terdahulu. Dari situ Anda bisa membandingkan vendor mana yang memenuhi kualitas sesuai yang anda inginkan.

Sekian, semoga bermanfaat. Terima Kasih!